MANFAAT MEMELIHARA HEWAN BAGI KESEHATAN

Selain lucu dan menggemaskan, mengelus hewan peliharaan rumahan selama 15 menit ternyata mampu menurunkan risiko tekanan darah bahkan hingga 10 persen. Demikian seperti yang disebutkan dalam situs Care2.com.

Memelihara hewan seperti anjing, kucing, kelinci, dan sebagainya memang menyenangkan, namun di balik kesenangan tersebut, ada beberapa manfaat lainnya bagi kesehatan Anda.

1. Dalam Journal of Personality and Social Psychology disebutkan, orang-orang yang memelihara hewan cenderung memiliki kebanggaan yang lebih besar dan lebih jarang merasa kesepian ketimbang mereka yang tidak.

2. Hewan peliharaan juga membuat pemiliknya lebih berani dan terbuka, karena keberadaan hewan peliharan yang memberikan dukungan moral dan sosial. Hewan peliharaan juga memberikan banyak manfaat bagi si pemilik, baik dari segi psikologis maupun psikis.

3. Berdasarkan sebuah penelitian di jurnal Pediatrics, anak-anak yang hidup dengan hewan peliharaan dalam tahun-tahun pertamanya bahkan lebih sehat jika dibandingkan dengan mereka yang tidak memelihara hewan di rumahnya.

4. Memelihara hewan di rumah juga bisa menurunkan risiko anak untuk terkena alergi. Dr. Danielle Fisher dari St. John Health Center di Santa Monica, Amerika Serikat menjelaskan bahwa memelihara hewan dapat menstimulasi sistim imun untuk melawan infeksi, bagi balita. Penyebabnya bisa jadi karena sistem imun si anak semakin menguat karena berada di dekat hewan peliharaan.

5. Berdasarkan studi yang dipublikasikan dalam American Journal of Cardiology, orang-orang yang memiliki penyakit jantung memiliki kecenderungan untuk memiliki jantung yang lebih sehat bahkan hingga 40 persen.

6. Mengelus hewan peliharaan juga dapat meningkatkan level hormon oksitosin dan serotonin, yang memberikan perasaan nyaman pada seseorang, yang tentunya akan menurunkan kadar stres Anda. Bukan hanya sekedar menjadi teman dalam bermain kan. Hewan peliharaan yang Anda sukai nyatanya juga turut menyumbang kesehatan Anda.
Share this article :
 

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. ChocolatepH - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger